Friday 31 May 2013

13 Facts About The Sun

Matahari adalah sumber kehidupan di bumi. Tanpanya, tak akan ada siang, tak ada tumbuhan yang hidup, dan banyak lagi. Sebagai pusat dari sistem Tata Surya, bola raksasa ini punya banyak fakta menarik. Kita lihat 13 diantaranya.




1. Matahari hanyalah satu dari 200 miliar bintang yang bertebaran di Galaksi Bima Sakti (Milky Way). Itu baru dibandingkan dengan satu galaksi, belum termasuk miliaran galaksi lain di alam semesta.

2. Bumi menerima energi sangat besar, hingga 94 milliar Megawatt dari Matahari. Ini setara dengan 40 ribu kali lipat tenaga yang menghidupkan satu negara Amerika Serikat.

3. Setiap detik, Matahari melepaskan lima juta ton material, termasuk hidrogen dan helium.

4. Temperatur atau suhu di dalam inti matahari diperkirakan mencapai 14 juta Kelvin, setara 13 juta derajat Celcius. Panasnya sungguh tak terbayangkan.

5. Energi yang diproduksi dari inti Matahari, membutuhkan waktu 50 juta tahun untuk mencapai permukaan Matahari. Jika Matahari menghentikan produksinya sekarang, maka makhluk di Bumi baru akan merasakan efeknya 50 juta tahun lagi.
 


6. Diameter Matahari setara dengan 109 kali diameter Bumi.

7. Jika Matahari diibaratkan sebuah bola pantai, maka Jupiter setara ukuran bola golf, dan Bumi hanya sebesar kacang.

8. Tidak seperti Bumi, Matahari sepenuhnya terbuat dari gas. Dengan kata lain, tidak ada permukaan yang padat di Matahari.

9. Cahaya matahari membutuhkan waktu 8,3 menit untuk sampai ke Bumi.

10. Kecepatan rotasi Matahari (velocity) sangat cepat, 383 mil per detik.

11. Untuk mengantarkan cahaya ke planet paling luar, Pluto, Matahari membutuhkan waktu 5,5 jam.

12. Matahari berotasi atau berputar pada porosnya selama 25,38 hari sekali waktu Bumi.

13. Matahari dan sistem planet di dalamnya mengorbiti pusat Galaksi Bima Sakti setiap 240 juta tahun sekali. 

Friday 24 May 2013

The Obeses


So today we're going to talk about 10 largest stars in the universe. Yah disini kita cuman bisa ngebayangin betapa kecilnya manusia dan betapa besarnya kekuasaan Tuhan :)



Studi mengenai alam semesta yang luas dan penuh teka-teki, ditambah dengan fenomena yang terjadi di dalamnya, dan unsur-unsur surgawi yang tidak dapat diukur di dalamnya, membuat seseorang merasa sangat mungil, dan tidak signifikan.
Kita hanyalah sebuah bintik jika dibandingkan dengan planet kita yang hanya berupa suatu fraksi dari ukuran matahari. Tetapi ada juga bintang-bintang di luar sana yang bahkan membuat matahari terlihat seperti sebuah flek yang tidak penting.
Kita telah menyusun suatu daftar berupa beberapa bintang terbesar yang telah diketahui di alam semesta ini. Ukuran dari setiap bintang dijabarkan dalam jari-jari solar, dimana satu radius solar sama dengan jari-jari matahari.
VY Canis Majoris
Bagian dari konstelasi Canis Major, bintang hiper raksasa ini (satu dengan massa yang besar dan luminositas) adalah bintang terbesar yang telah diketahui, dengan satu radius antara 1,800-2,100 jari-jari solar (kurang lebih 2.7 milyar kilometer), yang berarti setara dengan 900-1,050 matahari dalam satu garis lurus dari pusat ke kelilingnya! Bintang ini diperkirakan 4,900 tahun cahaya dari Bumi. (Jika Matahari berupa 1 mangkok kosong, dapat diisi 1,3juta bumi ke dalam situ ! bisa terbayang besarnya si bintang obesitas ini?)
VV Cephei A
Bintang primer raksasa yang berwarna merah ini termasuk dalam sistem perbintangan gerhana biner VV Cephei (sepasang bintang yang memiliki orbit mengelilingi sekitar pusat massa mereka, dimana bidang orbit bertepatan dengan garis pandang pengamat). Bintang ini berlokasi di konstelasi Cepheus yang jaraknya 2,400 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki radius 1,600-1,900 jari-jari solar.
V838 Monocerotis
Berlokasi di konstelasi Monoceros, yang jauhnya 20,000 tahun cahaya dari matahari kita, bintang berwarna merah ini memiliki kurang lebih 400-1,570 jari-jari solar, hampir setara dengan radius orbit Jupiter.
WOH G64
WOH G64 adalah sebuah bintang super raksasa, berwarna merah, dan berlokasi di galaksi LMC (Large Magellanic Cloud), yang berjarak kurang lebih 160,000 tahun cahaya dari Bimasakti. Diperkirakan ukurannya mencapai 1,540 kalinya jari-jari matahari.
V354 Cephei

Merupakan bintang yang bervariasi dan tidak beraturan, V354 Cephei adalah sebuah bintang super raksasa berwarna merah dengan ukuran mencapai 1,520 jari-jari solar. Lokasinya hampir 9,000 tahun cahaya dari matahari, yaitu di konstelasi Cepheus dari Bimasakti.
RW Cephei
Satu lagi bintang yang tidak beraturan dan konstelasi Cepheus, RW Cephei memiliki radius antara 1,260-1,610 jari-jari solar. Bintang ini berlokasi pada kejauhan 11,500 tahun cahaya dari Matahari.
KW Sagitarii
KW Sagitarii berada di 10,000 tahun cahaya dari Matahari, dan termasuk dalam bagian konstelasi Sagittarius, dan besarnya hampir 1,460 kali jari-jari matahari. Bintang super raksasa ini memiliki cahaya yang istimewa, terangnya seperti 360,000 matahari.
KY Cygni
Satu lain bintang merah super raksasa. Bintang ini diperkirakan ukurannya mencapai 1,420-2,850 jari-jari matahari. Letaknya sejauh 5,000 tahun cahaya dari matahari kita, yaitu di konstelasi Cygnus.
Mu Cephei
Besarnya 1,420 jari-jari solar, bintang merah raksasa Mu Cephei atau Herchel’s Garnet Star adalah satu dari beberapa jajaran bintang terbesar yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Lokasinya berada pada konstelasi Cephius di Bimasakti.

 Antares (Alpha Scorpii)

Antares adalah bintang superraksasa merah di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam (kadang-kadang didaftarkan sebagai paling terang ke-15). Bersama dengan Aldebaran, Spica, dan Regulus, bintang ini merupakan salah satu dari empat bintang paling terang di dekat ekliptika.
Betelgeuse
Bintang dengan variabel semiregular ini, selain menjadi salah satu bintang terbesar yang diketahui, juga merupakan bintang yang memiliki cahaya paling terang di konstelasi Orion. Bintang super raksasa berwarna merah ini besarnya sama dengan 950-1000 matahari, dan lokasinya terletak antara 643-146 tahun cahaya


1. The Anglo-Zanzibar War: perang paling singkat dalam sejarah, hanya 40 menit.

Perang unik antara Inggris vs Zanzibar pada 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang terpendek dalam catatan sejarah. Pemicu perang adalah kematian pro Inggris, Sultan Hamd bin Thuwaini melawan penggantinya,Sultan Khalid bin Barghash. Sesuai perjanjian yang ditandatangani tahun 1886, pengganti Sultan harus persetujuan konsul Inggris, namun Khalid melanggar perjanjian tersebut, tanpa persetujuan Inggris Khalid naik tahta. Inggris berang, dan memberi ultimatum untuk turun tahta, namun Khalid tak mengindahkan. Sebaliknya, merespon ultimatum Inggris, Khalid mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membaricade istananya dari serangan Inggris.
 
Inggris berang! Sikap menantang Khalid dijawab Inggris dengan serangan di pagi hari tgl 27 Agustus. Inggris membombardir Istana Khalid dan mencerai beraikan pasukan yg menjaga istana. Setidaknya ada 500 korban dari pihak Khalid, sementara hanya satu prajurit angkatan laut Inggris yang cidera. Perang singkat itu hanya berlangsung 40 menit. Sultan Khalid pun bertekuk lutut!
 

2. The Pig War: dipicu oleh bidikan dari babi

'Perang Babi'..Ini bukan perang melawan Flu Babi atau Swine Flu, tapi Perang yang terjadi gara-gara tertembaknya seekor babi. Hahh!! Jangan kaget, tapi itulah keunikan perang ini sehingga disebut Pig War. Terjadi tahun 1859 antara Amerika vs Inggris. Sebenarnya inti dari perang ini adalah perselisihan perebutan Pulau San Juan, yang ada di antara Pulau Vancouver dan daratan Amerika Utara. Perang Babi, begitu dipanggil karena dipicu oleh tertembaknya seekor babi. Banyak sebutan untuk masa itu; antara lain; Episode Babi, Perang Babi dan Kentang, Perselisihan Batas San Juan atau Perselisihan Batas Barat laut. Babi adalah satu-satunya "korban" perang, membuat konflik ini tidak darah alias tidak ada korban jiwa manusia.
 
3. 335 Tahun 'Perang: berlangsung selama 335 tahun dengan tidak ada korban

Perang ini luar biasa lama, 335 tahun (1651-1986), antara Belanda vs Kepulauan Scilly (southwest coast of the United Kingdom) . Namun peristiwa aneh ini tercatat sebagai perang terlama dalam catatan sejarah. Setelah ratusan tahun, akhirnya perdamaian ditandatangani pada 1986.
 
4. Moldovan-Transdniestrian War: dimana kedua belah pihak 'petugas akan minum bersama-sama pada malam dan berperang pada hari yang sama

Setelah minum-minum pada malam-malam sebelumnya, para perwira yang kemudian berbeda negara setelah Uni Soviet runtuh, kemudian menjadi saling bermusuhan dan berperang berhari-hari. Sebagaimana diketahui, setelah runtuhnya Uni Soviet, 2/3 Moldova ingin masuk Rumania, tetangganya di sebelah barat. Sementara bagian Timur, sungai Dniestr, ingin dekat Ukraina dan Rusia.
 
Perang pun meledak, dan timur retak dan membentuk Transdniestria, yang sampai sekarang tidak dikenal dunia. Lalu, Moldova dan Transdniestria terlibat perang. Perang ini disebut perang paling aneh di dunia. Militer lokal menyebutnya sebagai Perang Mabuk.
 
Bayangkan saja, bagaimana tidak disebut Perang Mabuk, para perwira dua negara itu pagi sampai sore mereka berperang mati-matian, saling menembak-membunuh satu dan lainnya, namun malamnya mereka bertemu, bersenang-senang mabok bersama. Lho..kok bisa ya..
 
Maklum saja, mereka sebelumnya sudah saling mengenal, hanya karena akhirnya negara berbeda karena kejatuhan Uni Soviet, membuat mereka bermusuhan. Demi negara yg mereka bela, mereka bermusuhan, tapi pertemanan tetap berjalan pada malam hari. Aneh!!!

5. Emu War: bagaimana Australia kehilangan perang terhadap unggas

Emu War, juga dikenal sebagai Great Emu War.Perang ini tak kalah anehnya, di mana operasi militer dilancarkan untuk melawan kawanan burung. Perang aneh ini terjadi tahun 1932 di Australia Barat. Pasukan Militer Australia (masih di bawah Inggris) dipimpin Mayor Meredith. Tercatat, para tentara menggunakan senapan mesin lewis dan menghabiskan 10.000 selongsongan peluru. Namun perang ini sia-sia karena burung-burung yg ditembaki ini berhasil melarikan diri. Dengan kecepatan sekitar 50 km/jam (30 mph), burung-burung ini sebagian besar berhasil menghindari serangan peluru senapa mesin.
 
Namun begitu diperkirakan, ada sekitar 20.000 burung terbunuh. Mayor Meredith, sang komandan, tercengang dengan hasil yg tak diharapkan itu. Menteri Pertahanan Australia lalu memerintahkan pasukan mundur dan menghentikan serangan. Emu War pun berakhir dengan kekalahan pihak Australia.
Ck..ck...ck.. Stupid War!!
 
6. football the War: mulai dengan sebuah permainan sepak bola
 Perang antara El Savador melawan Honduras tahun 1969 ini disebut Perang Sepak Bola karena berlangsungnya bertepatan dengan berlangsungnya babak kedua kualifikasi Piala Dunia 14 Juli 1969, zona Amerika Utara. Perang ini berlangsung 100 jam atau perang lima hari. Pemicu konflik ini adalah masalah imigrasi dari El Salvador ke Honduras.Puncaknya, El Savador menyerang Honduras. Lalu, AS menegosiasikan untuk keduanya gencatan senjata yang baru terwujud pada 20 Juli. El Salvador akhirnya ikut Piala Dunia tahun 1970, namun mereka gagal. 
7. War of 1812: disebabkan oleh cacat ringkas komunikasi
 disebut juga Madison's War. diberi namai Perang Pemasangan Komunikasi. Dua hari sebelum perang itu pemerintah Inggris menyatakan bahwa ia akan mencabut undang-undang yang merupakan alasan utama untuk perang .Jika sudah ada komunikasi dengan ringkas Eropa, perang juga mungkin telah dihindari.


Thursday 16 May 2013

The Bermuda Triangle

So todayy kitaa akan membahas tentang Segitiga Bermudaaaa !

Apa sih Segitiga Bermuda itu? Segitiga Bermuda itu adalah segitiga yang baru digambar, jadi masih muda. oke itu garing

Menurut Akang Wikipedia, Segitiga Bermuda (bahasa InggrisBermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian FloridaAmerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

So ilmuwan-ilmuwan pada bingung tuh kenapa pesawat/kapal yang terbang melintasi Segitiga Bermuda Hilang tanpa sebab,tanpa jejak. Yah sejauh ini belum ada bukti yang jelas sih, tapi udah muncul teori-teori seperti:

Serangan yang disengaja untuk menghancurkan



Jauh lebih masuk akal, meski jauh lebih tragis, adalah serangan yang disengaja untuk penghancuran.. 
Meskipun dalam penerbangan 19 tadi, tidak ada bukti untuk dugaan bahwa pesawat hilang karena serangan yang disengaja, banyak yang percaya ini adalah alasan bagi banyak pesawat dan kapal hilang lainnya di daerah Segitiga Bermuda. 


Tindakan penghancuran sengaja mencakup tindakan perang dan pembajakan. Catatan dalam file musuh selama Perang Dunia telah mendokumentasikan banyak kerugian, dan orang-orang yang tidak tercatat, banyak yang diasumsikan telah tenggelam oleh salah satu perampok permukaan atau kapal selam. 


Pembajakan oleh Bajak laut, perompak, atau bahkan penyelundup obat bius. Sampai hari ini banyak catatan peristiwa tentang hilangnya kapal karena pembajakan di laut terbuka meskipun Kapten Blackbeard si bajak laut legendaris itu sudah lama tiada 




Gas Metan 

Salah satu Penjelasan tentang segitiga bermuda sebagai laut pemangsa misterius adalah Gas Metan. Teori ini telah difokuskan pada kehadiran bidang besar gas alami yang disebut metana. 


Percobaan laboratorium telah membuktikan bahwa gelembung metana memang bisa menenggelamkan kapal dengan mengurangi kepadatan dari air dengan puing-puing dasar laut dan busa yang sangat mungkin untuk naik ke permukaan untuk kemudian dengan cepat menggulingkan kapal. 


Teori ni memiliki bukti tambahan dengan peristiwa letusan "gunung lumpur" yang dapat menghasilkan air berbusa yang tidak lagi mampu memberikan daya apung yang memadai untuk kapal, menyebabkan mereka tenggelam sangat cepat tanpa peringatan. 


Telah diketahui dari percobaan bahwa gas metana juga dapat mempengaruhi pesawat serta kapal. Publikasi oleh USGS menjelaskan tentang persediaan besar hidrat bawah laut di seluruh dunia. 


Tetapi menurut dokumen lainnya, tidak ada rilis besar gas yang diyakini telah terjadi di Segitiga Bermuda selama 15.000 tahun terakhir. 




Medan Magnet 



Kecelakaan aneh di Segitiga Bermuda telah dikaitkan dengan bukti masalah kompas dan navigasi, membuat bidang geomagnetik sebagai kasus nyata, dan teori masuk akal untuk penghilangan yang terjadi di Bermuda. 


Masalah dengan peralatan magnetik dari medan geomagnetik adalah 5 dari sepuluh alasan utama Segitiga Bermuda menjadi begitu membingungkan. 


Banyak teori bahwa ada anomali magnetik di daerah tersebut dan bahwa wilayah ini termasuk salah satu dari hanya dua tempat di bumi di mana kutub utara dan magnet utara membujur yang dapat menhasilkan bervariasi hasil pada peralatan navigasi. 


Dalam kaitannya dengan teori "kabut elektronik" oleh Rob MacGregor dan Bruce Gernon, badai elektromagnetik yang kuat dari dalam bumi menembus ke permukaan dan datang ke atmosfir, lalu meninggalkan kabut di belakangnya. 




Variasi Arus Teluk 

Arus Teluk hampir seperti sebuah sungai dalam laut yang berasal dari Teluk Meksiko dan mengalir melalui Selat Florida ke Atlantik Utara. 


Ini mencakup 40 sampai 50 mil luas wilayah dan dapat membawa puing-puing hingga kecepatan permukaan 5,6 mil per jam untuk 2-4 simpul arus dan hal ini tergantung pada pola cuaca. 


Arus Teluk dapat dengan mudah memindahkan pesawat atau kapal tentunya, dan selanjutnya, Segitiga Bermuda termasuk sebagai beberapa palung laut terdalam di dunia, yang terdalam mendekati hampir 10.000 meter di bawah laut. 


Kapal tetap sangat mungkin ditelan oleh laut ke parit jika tidak oleh arus. Tanpa diduga gelombang tinggi juga telah dilaporkan hingga delapan puluh meter di luar Arus Teluk, menambah sulitnya mencari kapal dan pesawat hilang di laut 




Gelombang dan Perubahan Cuaca yang Cepat 

Badai Karibia Atlantik menghasilkan cuaca tak terduga dan pusaran air dalam area Segitiga Bermuda menjadi salah satu penyebab terbesar misteri lenyapnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda. 


Menurut Norman Hooke yang bekerja untuk Lloyd"s Maritime Information Services di London, "Semua kecelakaan hanya akibat cuaca yang buruk." 


Badai destruktif di daerah tersebut terdokumentasi dengan baik begitu juga dengan gelombang besar yang tiba-tiba menenggelamkan kapal. Penelitian satelit terbaru telah membuktikan satu gelombang tunggal mencapai setinggi 80 kaki atau lebih tinggi di daerah laut terbuka. 




Human Error 

Disorientasi spasial dan kebingungan sensorik, jarang dilakukan pilot tetapi menjadi alasan yang nyata untuk kecelakaan pesawat terbang (87 % disebabkan human eror). Juga fakta bahwa Segitiga Bermuda menjadi daerah yang ramai lalu lintasnya, daripada di daerah lain, menyebabkan kecelakaan lebih banya terjadi. 


Kesalahan manusia kemungkinan besar nomor satu yang menjadi penyebab kematian di bermuda tapi ada sesuatu yang lebih besar yang mungkin yang menjadi penyebab dari segala spekulasi. 




Mitos dan Ramalan 
Satu-satunya penjelasan adalah tidak ada penjelasan, Segitiga Bermuda didasarkan pada takhayul oleh imajinasi manusia abad ke-20 menjadi kecenderungan banyak orang condong percaya pada misteri di segitiga bermuda 


Sebagai contoh kita akan mengambil klaim tua tentang dongeng pelaut, legenda dan bahkan catatan oleh Christopher Columbus pada daerah tersebut memiliki, "Lampu aneh yang menari-nari di cakrawala, api di langit dan kompas aneh," dan tambahan-tambahan lainnya yang memperindah dan menambah misteri. 


Hari ini diyakini bahwa apa yang Columbus amati sebagai api yang menari-nari ternyata adalah ulah suku primitive Taino yang sedang memasak / menyalakan api di atas kano mereka di dekat pantai. 


Pembacaan kompas yang kacau karena adanya salah perhitungan dari gerakan bintang tertentu, dan api di langit itu sebenarnya adalah meteor jatuh ke bumi yang mudah dilihat saat di laut. 


Menurut Kamus skeptis, banyak bencana yang diklaim telah terjadi di daerah itu sebenarnya tidak terjadi di Segitiga Bermuda dan misteri sebenarnya adalah mengapa segitiga Bermuda bisa dianggap sebagai Laut yang misterius. 


Hari ini meskipun daya pikat misteri di segitiga bermuda telah terungkap dan dipatahkan oleh banyak penjelasan ilmiah oleh peneliti dan ilmuwan yang kredibel di bidangnya, namun cerita misteri tentang Bermuda tetap ada di hati banyak orang. Mungkin karena orang membutuhkan sekedar mitos fiksi untuk sisi imajinasi manusia yang tak terbatas.

Hanya Tuhan yang tahu apa yang terjadi dengan kapal-kapal/pesawat-pesawat tersebut

sumber

Sunday 12 May 2013

The Mystery Goes On

Hi Guys ! 

Hari ini gue akan membahas tentang misteri pembunuhan Munir yang sampe sekarang belom terjawab
siapa pelaku pembunuhan aktivis HAM Negara Tanah Air Republik Indonesia Tercinta ini

So Here it Goes 



Selasa, 7 September 2004, Munir, yang kala itu menjabat sebagai Direktur Eksekutif  Imparsial (Pemantau HAM Indonesia) berangkat dari Jakarta menuju ke Amsterdam, Belanda. Ia rencananya akan melanjutkan kuliah di Universitas Utrecht mengambil jurusan S2 Hukum. Selembar tiket pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 974 sudah ia pegang. Munir yang duduk di kelas ekonomi akhirnya bertukar tempat dengan Pollycarpus dan duduk di kursi nomor 3K kelas bisnis. Namun naas, sebelum pesawat mendarat sampai tujuan, Munir dinyatakan meninggal. Padahal sebelum berangkat Munir dalam keadaan baik-baik saja. Sempat beberapa kali ke toilet dan mengeluh sakit perut, akhirnya jiwa Munir tidak tertolong. Munir dinyatakan meninggal di dalam pesawat.


Berikut ini kronologi kasus kematian Munir: 

6 September 2004 Pukul 21.55 WIB
6 September 2004 malam, di lobi Bandara Soekarno Hatta, Munir Said Thalib akan berpisah dengan istrinya, Suciwati, selama satu tahun. Munir akan melanjutkan studi S2 hukum di Universitas Utrecht, Belanda. Pada saat ingin memasuki pintu pesawat kelas bisnis, Munir bertemu Pollycarpus (anggota pilot senior Garuda Indonesia yang saat itu sedang tidak bertugas). Munir dan Polly pun bertukar tempat duduk. Munir duduk di kursi 3 K kelas bisnis, sedangkan Polly duduk di kursi 40 G kelas ekonomi. Di depan toilet kelas bisnis, Polly bertemu purser Brahmanie Hastawaty. Sebelum pesawat terbang,Yetti Susmiarti dibantu Oedi Irianto (pramugari dan pramugara senior), membagikan welcome drink kepada penumpang. Munir memilih jus jeruk.

Pukul 22.02 WIB, pesawat lepas landas. 15 menit setelah lepas landas, pramugari membagikan makanan dan minuman kepada penumpang. Munir memilih mie goreng dan kembali jus jeruk sebagai minumannya. Setelah terbang selama 1 jam 38 menit, pesawat transit di bandara Changi, Singapura. Penumpang diberikan kesempatan berjalan-jalan di bandara Changi selama 45 menit. Munir singgah ke Coffee Bean. Polly bersama seluruh kru pesawat menuju ke hotel dengan menggunakan bus.

Setelah selesai, Munir kembali ke pesawat. Di pintu masuk pesawat, Munir bertemu dr. Tarmizi. Tarmizi duduk di kelas bisnis, sedangkan Munir kembali ke tempat duduknya di kursi 40 G kelas ekonomi. Polly tidak lagi melanjutkan perjalanan karena memang memiliki tugas di Singapura.

Pesawat lepas landas pukul 01.53 waktu Singapura. Kali ini awak pesawat semuanya berbeda dari sebelumnya. Pramugari Tia Dwi Ambara menawarkan makanan kepada Munir, tapi Munir menolaknya dan hanya meminta segelas teh hangat. Tia pun menyajikan teh panas untuk Munir yang dituangkan dari teko ke gelas di atas troli dilengkapi dengan gula satu sachet. Tiga jam pesawat terbang, Munir mulai sering bolak-balik ke toilet. Ketika dia berpapasan dengan pramugara Bondan, dia mengeluh sakit perut dan muntaber. Dia pun menyuruh Bondan memanggil Tarmizi yang duduk di kelas bisnis sambil memberikannya kartu nama Tarmizi.

Tarmizi pun terbangun dan bertemu dengan Munir. Munir menjelaskan kondisi tubuhnya yang tampak sangat lemah dengan berkata, "Saya sudah muntah dan buang air besar enam kali sejak terbang dari Singapura." Tarmizi melakukan pemeriksaan umum dengan membuka baju Munir. Dia lalu mendapati bahwa nadi di pergelangan tangan Munir sangat lemah. Tarmizi berpendapat Munir mengalami kekurangan cairan akibat muntaber. Munir kembali lagi ke toilet untuk muntah dan buang air besar dibantu pramugari dan pramugara. Setelah selesai, Munir ke luar sambil batuk-batuk berat.

Tarmizi menyuruh pramugari untuk mengambilkan kotak obat yang dimiliki pesawat. Kotak pun diterima Tarmizi dalam keadaan tersegel. Setelah dibuka, Tarmizi berpendapat bahwa obat di kotak itu sangat minim, terutama untuk kebutuhan Munir: infus, obat sakit perut mulas dan obat muntaber, semuanya tidak ada. Tarmizi pun mengambil obat di tasnya. Dia memberi Munir dua tablet obat diare New Diatabs; satu tablet obat mual dan perih kembung,Zantacts dan satu tablet Promag. Tarmizi menyuruh pramugari membuat teh manis dengan tambahan sedikit garam. Namun, setelah lima menit meminum teh tersebut, Munir kembali ke toilet. Tarmizi menyuntikkan obat anti mual dan muntah, Primperam, kepada Munir sebanyak 5 ml. Hal ini berhasil karena Munir kemudian tertidur selama tiga jam. Setelah terbangun, Munir kembali ke toilet. Kali ini dia agak lama, sekitar 10 menit, ternyata Munir telah terjatuh lemas di toilet. 

Dua jam sebelum pesawat mendarat, Munir terlihat keadaan Munir: mulutnya mengeluarkan air yang tidak berbusa dan kedua telapak tangannya membiru. Awak pesawat mengangkat tubuh Munir, memejamkan matanya dan menutupi tubuh Munir dengan selimut. Ya, Munir meninggal dunia di pesawat, di atas langit Negara Rumania.

11 September 2004
Jenazah Munir tiba Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh pada Sabtu (11/9) tepat pukul 21.10. Jenazah almarhum dan rombongan pengantar diangkut dengan Boeing 737 Merpati MZ-3300.

12 September 2004
Jenazah Munir, dimakamkan di Taman Pemakaman Umum, Kota Batu, Minggu. Pihak kepolisian menyatakan dalam tubuh Munir terkandung zat arsenik yang melampui batas normal. 

17 November 2004
Kontras, Suciwati dan tim kepolisian akan berangkat ke Belanda meminta akta otentik otopsi terhadap jenazah Munir.

Dalam tubuh Munir ternyata ditemukan zat arsenik yang melampaui batas kewajaran. Ada kandungan racun arsenik 460 mg didalam lambung, 3,1 mg /ltr dalam darah.’ Anehnya, setelah didalami oleh tim otopsi dari RSUD dr. Soetomo, kandungan arsenik di dalam lambung begitu aneh, karena seharusnya kandungan arsenik itu hancur. Ini terkesan mempertegas spekulasi jika kandungan arsenik dalam tubuh Munir baru dimasukkan ketika jenazahnya sudah di Indonesia. Spekulasi ini juga diperkuat dengan permintaan mereka untuk menahan lebih lama organ tubuh Munir. Spontan ini juga menimbulkan indikasi bahwa hal itu dilakukan agar organ tubuh Munir bisa dipersiapkan (dimark-up) agar benar-benar akan terkesan keracunan arsenik ketika diperiksa oleh pihak lain. Disebutkan juga ciri-ciri korban yang keracunan arsenik, antara lain: ada pembengkakan otak, paru paru yang mengalami kerusakan, mulut keluar darah karena indikasi kerusakan sistem pencernaan. Ketika arsenik masuk kedalam tubuh (dan racun mulai bekerja), biasanya korban mengalami muntaber berat disertai kejang-kejang.

sumber

Thursday 9 May 2013

Kenapa Metro Mini (dan Sejenisnya Brengsek)

So Today gue akan membicarakan soal Metro Mini, Bukan asal usul metro mini atau gimana cara membuat metro mini, tapi sebagai penduduk jakarta yang sudah merasakan 'penatnya' jalanan di seantero Ibu kota, kita akan membahas kenapaaaaa kendaraan ini sangat dibenci dan kayaknya pengen aja dibakar oleh pengguna jalan di jakarta

So buat yang baca tulisan ini dan merupakan supir metromini, sadarlah dan bertobatlah akan dosa-dosamu wahai para Supir :)


Fakta

Kalo menurut Wikipedia Indonesia, Metro Mini adalah nama sebuah perusahaan yang menyediakan jasa angkutan umum di Jakarta. Kapasitasnya sekitar 20 orang dan mereka melayani trayek yang ditandai dengan nomer-nomer yang ditempel di bus tersebut. Ada beberapa perusahaan lain yang sejenis Metro Mini, antara lain Kopaja dan Koantas Bima, tapi kayaknya sih yang paling populer Metro Mini ya.
Tarif sekali naik Metro Mini jauh dekat adalah Rp. 2000. Untuk pelajar harganya Rp. 1000. Masih menurut Wikipedia Indonesia, Metro Mini terkenal akan kebrutalan supirnya dan sebagian besar armada yang sebenarnya sudah tidak layak pakai. Yes, ini tentunya yang akan kita bahas sekarang.

Kenapa Mereka Brengsek

1. Mereka Penyebab Polusi Paling Besar di Jakarta
polusi
Mari kita mulai dari hal-hal yang muluk dan sok-sok go green dulu. Suka merasa gak nyaman akibat polusi udara saat kamu lagi jalan kaki atau naik sepeda? Menurut Tempo Interaktif, penyebab polusi udara terbesar di Jakarta adalah kawanan Metro Mini ini. Ini bisa dilihat jelas kalo kamu kebetulan sedang berada di belakang sebuah Metro Mini. Seberapa hitam asap yang dikeluarkan dari knalpot si Metro Mini? Kamu beneran bisa langsung item kayak di film kartun loh kalo kamu berdiri langsung di depan knalpot Metro Mini yang lagi ngeluarin asep. Kenapa mereka gak pernah di-maintenance? Ya elah. Kali deh ada waktu mikirin beginian. Seperti yang kita bilang, ini adalah kebrengsekan mereka yang paling muluk.
2. Aturan Jalan Raya Tidak Berlaku Untuk Mereka
Menggunakan jalan raya itu ada aturannya. Bahkan untuk pejalan kaki. Tapi buat kendaraan sejenis Metro Mini, aturan apapun yang ada di dunia ini tidak berlaku. Di sini gak boleh berhenti? Diem lo, gue lagi cari duit. Lampunya udah merah? Diem lo, gue lagi buru-buru. Ini jalan satu arah? Ah gak papa deh, abisnya situ macet. Gak boleh lewat trotoar? Minggir lo pejalan kaki. Mereka akan melakukan pelanggaran apapun atas nama kejar setoran dan parahnya seringkali pelanggaran ini adalah pelanggaran yang biasa dilakukan sepeda motor, tapi dengan body bis (naik trotoar dan motong jalan satu arah itu kan pelanggaran motor).
3. Sebagai Sesama Pengguna Jalan, Kamu Harus Mengalah Sama Mereka
Kamu memang pengguna jalan juga. Tapi di mata Metro Mini dan kawan-kawannya, kamu bukan apa-apa. Apapun yang mereka lakukan, kamu harus maklum. Mereka bisa tiba-tiba memotong jalur kamu di tengah jalan macet dan kamu harus maklum. Mereka bisa ngambil jalur paling KANAN untuk tiba-tiba belok KIRI dan tentu saja kamu harus maklum. Si kenek bisa tiba-tiba nyetop mobil kamu supaya si Metro Mini bisa lewat duluan. Udah secanggih polisi pengawal presiden deh. Dan tentu saja kamu harus maklum.
4. Ngoper-Ngoper Penumpang Seenaknya
Sebagai pengguna jalan, mungkin kamu sering kesel kalo ngeliat Metro Mini naik-turunin penumpang sembarangan. Itu biasa. Tapi kalo kamu gak pernah naik Metro Mini, kamu mungkin gak tau kalo jadi penumpang Metro Mini itu juga deg-degan, karena kamu belum tentu sampai tujuan kamu dengan nyaman. Jadi kalo si Metro Mini ini mau ‘muter’ alias mereka gak sampe tujuan mereka yang sebenarnya (ini sangat sering terjadi) kamu akan diturunin di tengah jalan dan dioper ke Metro Mini lain yang searah. Mungkin kamu mikir, “lho ya gak papa dong, yang penting kan sampe tujuan?” Memang iya, tapi seringkali mereka bakal ngoper kamu ke bis yang UDAH PENUH. Mereka gak peduli. Kamu boleh naik atau ngga, itu bukan urusan mereka.
5. Sebagai Orang yang BAYAR, Kamu Diperlakukan Kayak Orang Numpang
Logikanya, kalo kamu bayar kamu harusnya diperlakukan secara baik dong ya? Salah! Kalo kamu naik Metro Mini, kamu akan diperlakukan kayak orang lagi numpang dan mereka gak suka kamu numpang. Apalagi kalo mereka lagi buru-buru. Orang-orang yang jalannya lambat pas naik bus bakal dimarahin demikian juga ketika mau turun bis. Misalkan kamu mau berhenti di sebuah tempat, tapi si supir lagi ngejer sesuatu (misalnya ngejer bis di depannya) dia gak akan mau berhenti sampe kamu udah kelewatan mungkin sekitar 500 meter dari tempat kamu berhenti seharusnya. Seolah-olah tuh mereka mau bilang “lo kan cuma bayar 2000, ikutin aturan gue lah”. Lah, yang nentuin harga segitu siapa? Bukannya kita cuma bayar sesuai aturan ya?
6. Sebagai Penumpang, Kamu Diperlakukan Kayak Sampah
Biarpun kamu gak pernah naik Metro Mini, tapi dalam satu titik di hidup kamu, kamu pasti pernah ngeliat sebuah Metro Mini yang penuh luar biasa sampe para penumpangnya bergelantungan di luar. Mungkin kamu berpikir pada saat itu, “Ih, gimana rasanya ya di dalam situ?”. Well, biar kita kasih tau sekarang, rasanya kayak SAMPAH. Masalahnya adalah, si kenek bakal selalu bilang tuh bis masih kosong biarpun kamu bisa liat dengan jelas tuh bis udah penuh banget. Mereka bakal nyuruh orang yang ada di dalem untuk “geser dikit” atau “tengahan dikit” supaya mereka bisa menjejalkan lebih banyak lagi orang ke dalam. Mungkin ini gak sepenuhnya kesalahan pihak Metro Mini ya, karena sebenernya penumpang juga punya pilihan untuk gak usah naik. Tapi gimana kalo kamu udah nunggu lama banget dan kamu emang udah harus pulang? Terkadang para penumpang emang gak punya pilihan.
7. Mereka Gak Peduli Nyawa Kamu
mati
Ini berlaku untuk kamu sebagai pengguna jalan maupun pengguna jasa Metro Mini. Mereka gak peduli. Baik kamu di dalem maupun di luar kendaraan, mereka gak peduli sama nyawa kamu. Kalo mereka sudah harus ngebut, mereka akan ngebut dan memperlakukan kamu selayaknya barang yang kalo sampe rusak ya udah gak papa. Bukan berita yang baru dan unik kalo Metro Mini dan kawan-kawannya sampai mencelakakan atau bahkan menewaskan pengguna jalan lain dan bahkan penumpang mereka sendiri. Pertanyaannya kenapa mereka gak pernah berbenah diri? Ya gak ada yang ngurusin. Kayak mereka bisa mikir sendiri aja.
Demikianlah sedikit tentang kebrengsekan Metro Mini dan kawan-kawannya. Intinya kalo menurut MBDC sih, mereka masih bisa merajalela dan seenaknya karena masyarakat itu gak punya pilihan terhadap akses transportasi umum yang lebih memadai. Coba kalo ada MRT, Monorail, angkot-copter, atau apalah transportasi umum yang bagus dan lebih memadai. Pasti gak ada milih si Metro Mini lagi. Mudah-mudahan MRT yang katanya mau dibuat beneran dibuat dan gak dikorup lagi. Amin.

sumber